Respon dan Resensi Cerita Rekaan

Respon Cerkan

Apresiasi sastra sebenarnya bukan merupakan konsep abstrak yang tidak pernah terwujud dalam tingkah laku. Dalam pengertian apresiasi tersirat adanya suatu kegiatan yang harus terwujud secara konkret. Perilaku kegiatan itu dalam hal ini dapat dibedakan menjadi dua, yaitu (1) kegiatan secara langsung, dan (2) kegiatan secara tidak langsung.
Karya sastra menyajikan nilai-nilai keindahan serta paparan peristiwa yang mampu memberikan kepuasan batin pembacanya. Di samping itu, sastra juga mengandung pandangan yang berhubungan dengan renungan atau kontemplasi batin, baik yang berhubungan dengan masalah agama, filsafat, politik maupun macam-macam problematika kehidupan. Kandungan makna yang kompleks dan keindahan dalam karya sastra tergambar lewat media kebahasaan atau aspek verbal. Berdasarkan uraian tersebut, dapat dikemukakan bahwa karya sastra mengandung berbagai unsur yang kompleks, yaitu (1) unsur keindahan, (2) unsur kontemplatif, yang berhubungan dengan nilai keagamaan, filsafat, politik, serta realitas kehidupan lainnya, (3) media pemaparan, yaitu berupa aspek kebahasaan, dan (4) unsur-unsur intrinsik yang menandai eksistensi karya sastra.

Meresensi Cerkan

Kata “resensi” berarti pertimbangan atau pembicaraan. Jadi, resensi buku berarti pertimbangan atau pembicaraan terhadap suatu buku. Istilah lain yang sering dipakai sebagai padanan resensi buku di antaranya adalah timbangan, bedah, atau ulasan buku. Resensi adalah suatu tulisan atau ulasan mengenai nilai sebuah karya atau buku. Tujuan resensi yaitu menyampaikan kepada pada pembaca, apakah sebuah buku atau hasil karya itu layak mendapat sambutan dari masyarakat atau tidak.
Seorang penulis resensi harus bertolak dari tujuan untuk membantu pada pembaca dalam menentukan perlu tidaknya membaca karya cerkan tertentu. Dengan demikian, peresensi harus secara terus-menerus berusaha menyesuaikan pertimbangannya dengan selera pembaca. Penulis resensi harus memperhatikan hal pokok yang perlu diperhatikan, yaitu (1) tanggung jawabnya terhadap pembaca dan (2) bagaimana penilaian terhadap buku dilakukan.